Android 15 Resmi Hadir: Kini Tersedia untuk Google Pixel

Android 15 Resmi Hadir – Google telah mulai merilis pembaruan Android 15 untuk deretan perangkat Pixel, yang juga mencakup fitur-fitur terbaru melalui “Pixel feature drop”. Dalam pembaruan Android 15 ini, Google memperkenalkan sejumlah fitur baru, termasuk peningkatan di bidang privasi, keamanan, serta dukungan lebih baik untuk perangkat foldable dan tablet.

Salah satu fitur menarik dalam pembaruan ini adalah “private space”, yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi dari orang lain demi menjaga privasi.

Fitur “Private Space” di Android 15 untuk Google Pixel

Salah satu fitur unggulan yang diperkenalkan dalam Android 15 adalah “private space”, yang dirancang untuk menjaga privasi aplikasi tertentu. Aplikasi yang dimasukkan ke dalam private space tidak akan muncul dalam daftar “recent apps”, notifikasi, ataupun di pengaturan. Untuk mengakses aplikasi ini, pengguna perlu memasukkan autentikasi tambahan.

Pengguna juga memiliki opsi untuk menyembunyikan private space ini sepenuhnya, sehingga tidak terlihat oleh orang lain, memberikan perlindungan privasi yang lebih kuat.

Fitur Baru di Android 15 untuk Perangkat Foldable dan Tablet

Pada pembaruan Android 15, pengguna perangkat foldable dan tablet kini bisa lebih mudah mengakses aplikasi dengan fitur “pin” dan “unpin” aplikasi ke taskbar. Selain itu, untuk aplikasi yang sering digunakan secara “side by side”, pengguna bisa membuat shortcut khusus agar aplikasi tersebut terbuka secara bersamaan dengan cepat.

Fitur tambahan lain yang diperkenalkan melalui “feature drops” adalah Theft Detection Lock, yang memungkinkan ponsel terkunci secara otomatis saat mendeteksi adanya pencurian atau penjambretan. Selain itu, ada juga Remote Lock, yang memungkinkan pengguna untuk mengunci ponsel mereka dari jarak jauh menggunakan perangkat Android lain.

Fitur Menarik Lainnya di Android 15: Night Sight for Instagram dan Audio Magic Eraser

Pembaruan Android 15 juga membawa sejumlah feature drop menarik lainnya, seperti Night Sight for Instagram yang memungkinkan pengguna memotret dalam kondisi gelap dengan hasil yang lebih baik. Selain itu, kontrol yang lebih baik untuk Audio Magic Eraser juga dihadirkan, memberikan pengguna kemampuan lebih untuk menghilangkan suara yang tidak diinginkan dari video. Fitur lain yang akan segera hadir adalah kemampuan memindahkan data dari Pixel Tablet ke ponsel Pixel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat tersebut.

Pembaruan Android 15 sebenarnya sudah mulai disebarkan sejak September lalu untuk Android Open Source Project (AOSP). Namun, saat itu pembaruan ini belum tersedia untuk perangkat Pixel ataupun perangkat Android lainnya, demikian dikutip dari The Verge, Rabu (16/10/2024).

 

 

Baca juga artikel kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *